Kategori

Rabu

Wendit River - Wisata Air di Desaku

Wendit Water Park - Malang City, East Java. INDONESIA

Ini adalah tempat wisata air yang biasa dikenal oleh orang-orang dengan sebutan Wisata Pemandian Wendit. Lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal kami, sekitar 175m s/d 200m saja jaraknya, karena kita adalah warga pribumi asli Wendit Timur RT.03 RW.06 kebangsaan Arema yang cinta damai.

Lokasi :

Lokasi pemandian ini sangat strategis, karena berada di tengah-tengah desa Mangliawan dan jalur akses transportasi juga sangat strategis. Karena lokasinya yang strategis tersebut, lokasi wisata ini sangat terkenal. Seharusnya wisata wendit ini sudah masuk daftar perjalanan wisata Nasional Indonesia, tapi sayang, banyak kendala dalam merealisasikannya!

Wendit Statue

Tampa Depan Kepala Raksasa Icon Wendit (Buto), Mulut Menganga!

Tampak Samping Kepala Raksasa (Buto)

Tampak Belakang Kepala Raksasa (Buto), Mulut Tersenyum.

Mig-19 di Taman Wisata Air Wendit.

Kolam Pemandia Air Atas.

Kolam Pemandian Air Atas.

Kolam Pemandia Air Atas.

Tangga Menurun Menuju Kolam Air

Kolam Anak - Anak

Kolam Spa

Pengambilan foto dari atas water boom Pemandian Wendit


Sekilas tentang Pemandian Wendit :

Pamandian wendit adalah sebuah kolam renang alami yang dilengkapi dengan tan bermain anak. Ada kepercayaan setempat yang mengatakan barang siapa pernah mandi di wendit akan berumur panjang. Dan juga dalam acara tahunan beberapa kelompok aliran kejawen yang mewajibkan ritual mandi di sungai ini, namun karena tidak minatnya kami dengan ritual-ritual tersebut maka kita tidak mencari info tentang hal tersebut.  

Pengunjung Menaiki Perahu, Kolam Bawah.

Kondisi Ekosistem Air Kolam Bawah yang Terjaga dan Air yang Masih Jernih

Stand Persewaan Perahu Untuk Pengunjung di Kolam Bawah.

Kolam yang ramai - Saat liburan

Beberapa sejarah menyatakan bahwa nama Wendit berasal dari kata Wendito yang berarti Pendito atau Pendeta. Asal usul Wendit ini terjadi dikarenakan adanya pergeseran Gunung Widodaren yang merupakan salah satu gunung dalam Gugusan Pegunungan Bromo. Pergeseran gunung Widodaren membuat masyarakat suku Tengger kesulitan untuk mengambil air suci yang berada di mata air Widodaren karena curamnya lereng.

Pemandian ini terletak 10 km arah timur kota Malang tepatnya di desa Mangliawan kec Pakis. Dapat dijangkau dengan angkutan umum dari terminal Arjosari. Disini anda akan dapat menemukan kera-kera yang saat ini jumlahnya stabil dan terbagi dalam dua kelompok besar. Pemandian ini ramai dikunjungi saat akhir pekan atau liburan sekolah. Saat paling ramai sekali pengunjung yaitu pada liburan Hari Raya Idul Fitri dan tahun baru.

Tampak belakang - Muka Buto Ijo tersenyum

Tangga Menuju Lokasi Bermain Anak-Anak

Habitat Monyet yang Dijaga dan Alami

Monyet-monter yang Jinak dan Bersahabat Dengan Pengunjung

Kondisi Monyet (kera) Wendit saat ini!

Monyet Mendit yang sangat jinak

Lestarikan Monyet mendit agar populasinya stabil - Para Monyet lagi nampang!


Sejarang Wisata Pemandian Wendit :

Beberapa sejarah penanganan yang pernah dicatat adalah Wendit merupakan Pesanggrahan dan Pemandian yang dilengkapi dengan lapangan tenis dan ditanami pohon jati serta pinus yang menyerupai hutan kecil pada zaman penjajahan Belanda.

Zaman kependudukan Jepang, Wendit tidak terurus dan rusak. Memasuki tahun Revolusi hingga 1960an, Wendit merupakan Basis Pertahanan Pejuang. Di tahun 1960 hingga 1970, Wendit dikelola oleh para Veteran Perang.

Awal 1980an, Wendit diambil alih oleh Pemerintah tk.II Kabupaten Malang sebagai Objek Wisata dan dikelola oleh dinas Pekerjaan Umum.Tahun 1975, Wendit ditransformasikan sebagai Badan Usaha Milik Daerah yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Jasa Yasa dan menjadi sektor pariwisata dan penghasilan bagi warga sekitarnya.

Setelah mengalami pemungaran besar-besaran dalam arti ronavasi  (liat gambar diatas) dan penataan serta pengembangan prospek pariwisata Kabupaten Malang, Taman Wisata Air Wendit dapat diperhitungkan keberadaannya dalam bisnis pariwisata kota Malang. Taman rekreasi dan pemandian Wendit, menyediakan Kolam Renang (alami serta buatan) yang luas, baik untuk dewasa maupun anak-anak, Perahu Dayung, Water Technology berupa Kolam Gelombang dan Kolam Arus, Waterboom, Bom-bom Car; Worm Coaster, Carousel dan Sepeda Air, Restoran, Restoran Apung, Food Centre atau Kantin, Pentas Musik, Outbond, Spa, Cottage serta berderet toko yang menjajakan cinderamata khas Wendit.

Dibawah ini adalah foto - foto jaman dulu diambil saat jaman penjajahan Belanda, data kita  ambil dari arsip web milik orang Belanda Badende vrouwen te Wendit Oost-Java. Disinilah model wendit masa lalu dan mungkin juga itu adalah gambar nenek moyang kita.

Dokumentasi tahun 1900-1940.

Dokumentasi tahun 1900-1940.

Anak-anak Eropa sedang bermain dengan kera di Wendit (1907-1931)

Dokumentasi yang diambil tahun 1936.

Dokumentasi yang diambil tahun 1936.

Dokumentasi tahun 1936.

Dokumentasi yang diambil tahun 1936.


Berkas:COLLECTIE TROPENMUSEUM De badplaats Wenditt TMnr 3728-429a.jpg
Pemandian di Wendit (litografi berdasarkan lukisan oleh Abraham Salm, 1865-1872).

Pemandian Wendit Tahun 2000-an :

Dan yang dibawah ini adalah foto temanku, Heri A.K.A Menyeng (tengah) dia teman waktu sekolah SDN Mangliawan 1, disampingnya adalah Lek Doel tukang bakso veteran, itu bakso langgananku dulu dan kawan-kawan.

Hery Menyeng dan kawan-kawan

Kolam Bawah Sebelum Renovasi Besar-besaran

TuanHantu Al Jeanskins

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...