Kategori

Selasa

Kenapa Harus Ada Mentimun di Setiap Hidangan Restoran?


Apa anda tahu kenapa di setiap makanan yang disajikan di restoran selalu terdapat mentimun? Sebenarnya apa manfaat dari mentimun bagi tubuh? Mau tahu?

Mentimun :
Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah.

Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci). Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.

Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Mentimun memiliki kandungan 0,65 % protein, 0,1 % lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2 %. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Mentimun dikatakan juga mengandung 35.100 – 486.700 ppm asam linoleat sebagai suku cucurbitaceae yang biasanya mengandung kukurbitasin, mentimun kemungkinan juga mengandung senyawa tersebut. Kukurbitasin merupakan senyawa yang mempunyai aktivitas sebagai anti tumor. 


Manfaat Mentimun :
Pertanyaan yang sering muncul adalah "Kenapa dibanyak makanan seperti Sate, Nasi Goreng, Mie Goreng, Steak & makanan lainnya selalu disertakan mentimun? Berikut jawabannya :
  • Pada umumnya untuk membakar makanan, seperti sate, ayam, ikan, dll, biasanya digunakan arang, ternyata di sinilah awal penyakit kanker tersebut bermula. Karena begitu makanan tersebut dibakar menggunakan arang yang mengandung zat karbon, maka pada makanan tersebut sebetulnya ikut juga karbon dari hasil pembakaran arang yang dapat menyebabkan kanker. Tetapi dapat mengatasinya dengan memakan timun, karena sate yang dibakar tersebut mengandung zat karsinogen (penyebab kanker) dan timun mempunyai anti karsinogen.
  • Bagi yang suka daging kambing namun memiliki tekanan darah yang tinggi, maka dengan mengkonsumsi timun, kita bisa mengurangi tekanan darah tinggi tsb, karena timun memiliki kandungan kalium yang tinggi.
  • Timun yang kaya serat berguna untuk melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, dan menetralkan racun.
  • Biji timun mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti yang dapat mengobati penyakit cacingan.
  • Buah timun mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan sebaliknya, rendah kalori, sehingga mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.
  • Timun dapat memberikan rasa sejuk dalam mulut untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan atau luka sariawan.
  • Selain itu juga, timun bisa mengobati sariawan, bengkak pada mata akibat kelelahan atau kebanyakan internetan, demam, jerawat dan menghaluskan kulit. 

Sate & mentimun

Rendang & mentimun

Steak Daging & mentimun

Nasi Campur & Mentimun

Nasi Goreng & mentimun

Bagaimana menurut anda, sangat bermanfaat sekalikan! Sangat menarik, rasa dengan sensasi segar dari mentimun pun juga menambah cita rasa yang khas dari berbagai masakan yang menggunakannya.
 source

12 komentar:

  1. Que tаl,
    Me ha gustado el blog. Otros post no me convencen demasiado, sin embargo en
    geneгal son bastaոte buenos.
    Un saludo

    Si quieres leer mas Antonio

    BalasHapus
  2. Thanks for your personal marvelous posting! I truly enjoyed reading it,
    you're a great author. I will always bookmark your blog and will come back
    in the foreseeable future. I want to encourage you to continue your great job,
    have a nice day!

    Check out my blog post - Simon The Sorcerer android hack tool telecharger

    BalasHapus
  3. oh jadi itu alasannya kenapa mentimun selalu ada dalam hidangan lestoran ..

    BalasHapus
  4. oh,,jadi itu alasan nya kenpa di setiap makanan atau hidangan di resteron selalu menyediakan mentimun di dalam nya..

    BalasHapus
  5. artikelnya bagus gan , terimakasih sudah berbagi
    kami menjual berbagai macam obat herbal produk denature

    BalasHapus
  6. kami dari produk denature menjual obat perawatan daerah kewanitaan, dan juga berbagai macam obat herbal lainya segala penyakit Terbuat dari bahan herbal sehingga aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek Samping diformulasikan khusus berdasarkan hasil penelitian ilmiah oleh Herbalis yang expert di bidang herbal. Kualitas bagus, cepat dan AMAN, hasil terapinya sangat optimal.

    BalasHapus
  7. kami menjual berbagai macam obat herbal produk denature

    BalasHapus
  8. jual obat solusi kewanitaan gan

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...