Kategori

Sabtu

Fakta Mengejutkan Seputar NASA

Space Ship
Menurut ulasan dari Merdeka.com, Space Shuttle atau pesawat luar angkasa yang biasa digunakan NASA dalam melakukan penelitian di luar angkasa merupakan salah satu kebanggaan Amerika Serikat. Pada awal pembuatannya, pesawat luar angkasa ini mempunyai nama resmi Space Transportation System (STS) atau lebih populer dengan sebutan NASA's Space Shuttle.

Hubble Telescope
Menurut En.Wikipedia.org, Pesawat luar angkasa NASA ini mempunyai fungsi yang beragam, seperti mengantarkan astronot ke stasiun luar angkasa internasional, melakukan pemantauan, bahkan untuk misi perbaikan stasiun luar angkasa.

Kemarin (18/04), sebuah pesawat luar angkasa NASA yang telah menjalankan tugasnya selama lebih dari 15 tahun, akhirnya 'dipensiunkan' dan sekarang disimpan di Smithsonian National Air and Space Museum, Amerika Serikat. Seorang Jurnalis dari Spacefuture.com Carol Pinchefsky mengungkapkan bahwa ternyata sedikitnya beberapa hal yang belum diketahui publik seputar NASA dan Space Shuttlenya.

Setelah melakukan pembicaraan dengan salah seorang Executive Director dari Spacefrontier.org bernama Will Watson, Pinchefsky menyimpulkan bahwa NASA memang belum pernah mempublikasikan hal tersebut ke publik. Watson ungkapkan bahwa ada beberapa hal yang mengejutkan seputar pesawat luar angkasa NASA tersebut.


Beberapa astronot terbunuh dalam misi luar angkasa ketika menerbangkan pesawat luar angkasa

Pada tanggal 27 Januari 1967, Apollo 1: Kebakaran terjadi di dalam kapsul luar angkasa yang mengakibatkan meninggalnya tiga Astronot yang bernama Virgil I. Grissom, Edward H. White, dan Roger Chaffee.

Pada tanggal 23 – 24 April 1967, Soyus 1: Seorang Kosmonot Uni Soviet Vladimir M. Komarov terbunuh ketika parasut Soyus 1 tidak mengembang dan menghempaskan pesawat luar angkasa Uni Soviet tersebut ke bumi dari ketinggian kurang lebih 23 ribu kaki.

Pada tanggal 6 – 30 Juni 1971, Soyus 11: Tiga orang Kosmonot Uni Soviet Georgi T. Dolrovolsky, Vladislav N. Volkov, dan Viktor I. Patsayev, ditemukan tewas di dalam Soyus II ketika baru saja kembali dari luar angkasa.

Pada tahun 18 Juni 1980, USSR: Sebuah pesawat luar angkasa Uni Soviet meledak ketika sedang mengisi bahan bakar. Ledakan tersebut mengakibatkan sekitar 50 orang meninggal dunia di Plesetsk Space Center.

Pada tanggal 28 Januari 1986, Challenger: Sebuah pesawat luar angkasa NASA meledak 73 detik pintu pesawat tertutup. Ledakan tersebut membunuh enam astronot dan seorang partisipan yang pernah berprofesi sebagai guru sekolah. Menurut Infoplease.com, tujuh orang tersebut bernama Francis R. Scobee, Michael J. Smith, Judith A. Resnik, Ronald E. McNair, Ellison S. Onizuka, Gregory B. Jarvis dan Christa McAuliffe.

Pada tanggal 1 Februari 2003, Columbia: Kembali pesawat luar angkasa NASA meledak ketika memasuki atmosfir bumi. Ledakan tersebut membunuh tujuh orang awak yang bernama Rick D. Husband, William C. McCool, Michael P. Anderson, David M. Brown, Kalpana Chawla, Laurel Clark, dan seorang berkewarganegaraan Israel yaitu Ilan Ramon.

Menurut Forbes.com, dalam sejarah NASA, terdapat beberapa pesawat luar angkasa yang meledak baik itu ketika akan meluncur atau ketika kembali dari luar angkasa. NASA berhasil meraih sukses ketika mereka meluncurkan Mercury dan Gemini beberapa waktu silam. Tidak ada hambatan dan kegagalan dalam prosesnya. Uniknya, Cina sebagai salah satu negara yang juga berhasil mengemban misi luar angkasa tidak pernah mengalami kegagalan atau kecelakaan.


Biaya yang harus dikeluarkan untuk misi luar angkasa sangatlah mahal

Mungkin penelitian untuk mempelajari dinosaurus atau penelitian di bidang kesehatan masih dapat terjangkau untuk masalah biayanya, namun tidak untuk biaya misi, perawatan, akomodasi, dan segala hal seputar pesawat luar angkasa dan NASA. Space.com mengungkapkan suatu penelitian terbaru yang dilakukan pada bulan April 2011 lalu, pajak yang harus dibayar untuk satu kali misi sebesar USD 1.5 miliar. Sejak tahun 1971 sampai 2010 kemarin, NASA dan US Congress telah menghabiskan sekitar USD 192 triliun untuk menjalankan misi-misi tersebut.

Dari tahun 1982 sampai 2010 lalu, biaya operasional yang harus dikeluarkan NASA sebesar USD 1.2 miliar dan membengkak menjadi USD 1.5 miliar karena biaya perawatan peralatan dan pesawat luar angkasanya.

Menurut Forbes.com, salah satu alasan mengapa peluncuran pesawat luar angkasa NASA sangat mahal adalah dikarenakan peralatan seperti enxternal tank dan lainnya tidak dapat dipakai ulang dan harus diganti ketika akan melakukan peluncuran berikutnya. Peralatan-peralatan tersebut juga mempunyai harga satuan yang sangat mahal.


Pesawat luar angkasa NASA tidak pernah terbang setinggi dugaan orang

Menurut Ask.com, pesawat luar angkasa NASA hanya dirancang untuk terbang 600 mil saja. Hal tersebut juga diungkapkan oleh En.Wikipedia.org, jarak bumi dengan International Space Station (ISS) adalah 200 sampai 250 mil, sedangkan jarak bumi dengan Hubble Telescope hanya 350 mil. Hal tersebut sangatlah mungkin ditempuh oleh pesawat luar angkasa NASA. Namun, karena memang telah dirancang untuk terbang sejauh 600 mil saja, maka anggapan beberapa orang bahwa pesawat luar angkasa dapat sampai ke bulan, perlu diklarifikasi lagi. En.Wikipedia.org mencatat bahwa jarak antara bumi dan bulan adalah 238,000 mil, suatu jarak yang tidak mungkin dicapai oleh sebuah pesawat luar angkasa.

Reparasi Stasiun Ruang Angkasa NASA


NASA kembangkan wisata luar angkasa

Sampai saat ini, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menciptakan suatu konsep bisnis untuk menekan biaya operasional misi angkasa luar. Mulai dari Virgin Galactic, Armadillo Aerospace, XCOR, Orbital Sciences, sampai perusahaan pembuat pesawat udara, Boeing, juga tampak serius dalam mengerjakan konsep ini.

Beberapa waktu lalu telah diperkenalkan satu konsep bisnis wisata ke luar angkasa yang diberi nama SpaceX. Rencananya, pada tanggal 30 April ini, SpaceX akan diluncurkan ke International Space Station (ISS) tanpa awak.

SpaceX atau juga yang dinamakan Dragron ini memang masih dalam tahap konsep. Menurut Forbes.com, kendaraan luar angkasa (SpaceX) dan pesawat luar angkasa adalah suatu hal yang berbeda.

Pesawat luar angkasa dan SpaceX mempunyai perbedaan dari sisi tujuannya. Pesawat luar angkasa diciptakan dengan tujuan penelitian dan berbalut misi luar angkasa, sedangkan SpaceX lebih terfokus pada sisi untuk mencari laba.

Menurut Wired.com, sampai saat ini, pengembang Dragon atau SpaceX masih terus melakukan berbagai macam pengujian agar SpaceX dapat terbang dan sesuai dengan harapan. Manajer program dari NASA Mike Sufferdini mengatakan, “SpaceX masih perlu mendapatkan beberapa pengujian dan verifikasi lagi, namun secara keseluruhan, kendaraan luar angkasa ini bisa dibilang sempurna.”.

13 komentar:

  1. Hmm is anyone else encountering problems with the pictures on this blog loading?
    I'm trying to figure out if its a problem on my end or if it's the blog.
    Any feed-back would be greatly appreciated.

    my weblog :: minecraft games

    BalasHapus
  2. This page definitely has all the information and facts I wanted concerning this
    subject and didn't know who to ask.

    Feel free to surf to my blog post - 1997 ford explorer

    BalasHapus
  3. I’m not that much of a internet reader to be honest
    but your blogs really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your website to come
    back later. All the best

    Feel free to visit my site :: 1997 ford explorer xlt v8 mpg

    BalasHapus
  4. Very nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to
    mention that I've really loved browsing your weblog posts.
    In any case I'll be subscribing on your feed and I hope you write again very soon!

    Review my site :: quest bars

    BalasHapus
  5. Thank you a bunch for sharing this with all folks you actually recognise what you're
    speaking approximately! Bookmarked. Kindly also consult with my website =).
    We may have a link exchange agreement between us

    Feel free to visit my web site - Quest Bars

    BalasHapus
  6. Thank you for the good writeup. It in fact was a amusement account it.
    Look advanced to more added agreeable from you!
    However, how can we communicate?

    my site: quest bars

    BalasHapus
  7. Wow! After all I got a weblog from where I know how to truly obtain useful
    facts concerning my study and knowledge.

    Have a look at my blog post ... Diet Plans to Lose Weight

    BalasHapus
  8. This blog was... how do I say it? Relevant!! Finally I've found something which helped me.
    Thank you!

    Also visit my webpage Diet Plans for Women To Lose Weight

    BalasHapus
  9. I'm no longer positive the place you are getting your info, but good topic.

    I must spend a while studying more or figuring out more.
    Thanks for great info I used to be searching for this
    info for my mission.

    My web-site; Diet Plans to Lose Weight

    BalasHapus
  10. Hi there mates, how is everything, and what you wish for to say regarding this post, in my view its in fact remarkable
    for me.

    Also visit my web site Best Dating Sites

    BalasHapus
  11. When I originally commented I appear to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and now every time a comment is added I get four emails with the
    exact same comment. There has to be a means you are able to remove me from that
    service? Thanks a lot!

    My homepage - Best dating sites

    BalasHapus
  12. I'm impressed, I have to admit. Seldom do I encounter a blog that's
    both equally educative and amusing, and let me tell you, you have
    hit the nail on the head. The problem is an issue that not enough people
    are speaking intelligently about. I'm very happy I stumbled across this during my hunt for something relating to this.


    Here is my web page: Coconut Oil For Hair

    BalasHapus
  13. Nice Post!

    Spectrum customer support phone number is +1(888)-294-0885 and e-mail address is support@spectrum.com.

    Spectrum Not Working With Wi-fi Router

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...