Kategori

Minggu

NASA : Ada Alien di Planet Saturnus

Saturnus Planet Realistik

Keberadaan alien adalah sebuah kontroversi tiada akhir oleh semua manusia dibumi, dan beberapa waktu silam muncul sebuah berita dari NASA yang mengklaim menemukan tanda tanda di planet Saturnus, benarkah demikian?


Planet Saturnus by Hubble
Hyperion - salah satu satelit bulannya planet Saturnus
Berita ini saya dapatkan dari sebuah laman internet yang berjudul "NASA temukan bukti adanya alien di saturnus" yang banyak bertebaran di blog dan website indonesia. Salah satunya dapat anda lihat di koranbaru.com

Judul ini saya rasa begitu aneh, NASA adalah sebuah Institusi ilmiah yang saya ketahui selalu melakukan pekerjaan dengan hati hati dan penelitian panjang, untuk berita soal adanya alien seperti ini terasa sangat mendadak. Dan lagi planet saturnus adalah planet yang memiliki kerapatan rendah, mayoritas pembentuknya adalah gas dan cairan, atmosfirnya juga terdiri dari amonia dan metana, zat beracun yang tidak memungkinkan kehidupan disana.

Namun setelah kita telusuri, ternyata berita yang sebenarnya adalah NASA menemukan keanehan di Titan, satelit planet Saturnus. Ini hanya sebuah keanehan, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya kehidupan disana.


Satelit-satelit yang dimiliki Planet Saturnus
Tahun 2005, Ilmuan NASA Chris McKay mengatakan jika ada kehidupan di Titan, maka mereka harus bernapas dengan hidrogen dan asitilen. Cukup fantastis mengingat asitilen adalah gas yang digunakan untuk mengelas baja dan mudah terbakar. Bukannya tanpa alasan McKay berspekulasi seperti ini, hal ini berdasarkan temuan pesawat penjelajah tanpa awak Cassini.

Cassini menemukan Hidrogen yang turun dari atmosfer Titan sebagian lenyap, kemana? Ada beberapa kemungkinan. alien menghirupnya atau ada sebuah penjelasan lain tanpa alien disana. Beliau menjelaskan dengan rinci hipotesanya, tetapi 1 hal yang perlu dilihat disana adalah inti pernyataanya yaitu "This is a still a long way from evidence of life, however it is a extremely interesting"

Titan


Permukaan Titan :

Lalu bagaimana mekanisme yang mungkin terjadi di Titan? Perumpamaannya seperti ini, hidrogen yang disemburkan ke tanah tidak akan bisa hilang karena hidrogen adalah unsur paling ringan dan akan langsung melayang ke atmosfer dan membentuk lapisan disana, jadi secara normal harusnya ada lapisan hidrogen, asitilen dan etana disana. Tetapi Cassini tidak menemukan hal itu.

Disinilah kehebatan ilmuan NASA, dengan kepala dingin McKay masih dapat merinci setiap kemungkinan secara rasional.

Berikut 4 kemungkinan, dimulai dari no.1 adalah kejadian yang paling mungkin terjadi :

1. Hanya Salah Hitung, Hasil penelitian menyatakan Hidrogen mengalami fluktuasi kuat hanyalah 1 saja, yaitu karnya Strobel. Hasil penelitian ini harusnya dikaji ulang untuk membuktikannya.

2. Penyerapan hidrogen di atmosfer atas menjadi partikel kabut yang bersifat organik dan padat. Partikel ini kemudian jatuh ke permukaan Titan.

3. Ada semacam katalis permukaan yang menjadi reaksi dalam suhu minus 178 derajat celcius (suhu Titan). Katalis seperti ini bisa saja ada karena kondisi titan berbeda dengan bumi. Hal ini didasarkan pada penelitian Farmet et al pada tahun 1986 yang berkesimpulan adanya katalis. Hal ini menarik walau tak ada kehidupan disana, karena menunjukkan adanya siklus karbon selain di bumi. Contohnya siklus air yang dimulai dari air laut yang menguap, membentuk awan dan turun dalam bentuk hujan. Ini terjadi tanpa ada campur tangan mahkluk hidup.

4. Adanya kehidupan alien disana.

penjelasan keberadaan alien di Titan Saturnus - blog misteri cerita tentang duniaPeneliti William Blains mengatakan jika ada kehidupan di Titan, maka akan seperti Cacing Hidrothermal yang mampu hidup pada suhu diatas 100 derajat celcius seperti didasar samudera bumi atau dibawah 0 derajat seperti dikutub. Cassini juga sebelumnya menemukan adanya danau di Titan, seperti Kraken dan ontario lacus yang berisi metana, bisa jadi alien berada disana. Tetapi ingat ini hanya sebuah teori yang belum terbukti

Salah satu pertanyaan besarnya adalah, jika ada alien disana lalu seperti apa wujudnya? Titan adalah salah satu tempat paling mematikan di galaksi bimasakti ini. Walau ukurannya 2 kali bulan kita. Atmosfirnya sangat tebal, beku dan berwarna jingga. Suhunya mencapai minus 180 derajat celcius dan yang ada hanyalah etana dan metana. Jadi semisal atmosfer Titan dan Bumi ditukar maka Alien alien ini akan meledak seperti tabung gas. Dan yang tak kalah penting gerakan membutuhkan energi, Titan hanya mendapatkan sepersepuluh energi yang diterima bumi dari matahari, jadi jika benar benar ada kehidupan disana maka hanya berbentuk bakteri atau lumut. Diam diam tumbuh. Tak seperti yang ada di TV, Jangan samakan dengan alien yang tidak jelas keberadaannya itu.


sumber

1 komentar:

  1. kadang sy heran di flm2 tentang alien itu identik dgn monster seperti hewan2 zaman dinosourus,tapi mereka punya teknologi yg lebih hebat dari manusia,herannya bagaimana bisa fisik buas seperti mereka bisa menciptakan teknologi canggih,bagaimana mereka mencari logam buat pesawatnya,cable2nya,computernya beserta chip2 ultra kecil yg canggih,dll dll?seharusnya alien dgn teknologi canggih,dia harus lebih berakal dan lebih gesit dan punya fisik lebih canggih dari manusia,tidak seperti hewan buas

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...