Sabtu

13 Air Terjun Terindah di INDONESIA

1. Air Terjun Dua Warna, Sumatera Utara

Air Terjun Dua Warna
Sumatera Utara memang memiliki banyak objek wisata yang menarik yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah air terjun dua warna yang terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Dari namanya, air terjun ini memiliki dua warna, yaitu biru dan bening. Penasaran?

Air Terjun Dua Warna
Dibutuhkan perjuangan yang keras untuk melihat kecantikan air terjun ini. Anda harus berjalan lebih dari satu jam dalam menembus hutan yang rimbun. Tanjakan, turunan, hingga jurang akan menantang stamina Anda. Akan tetapi, setibanya di air terjun dua warna ini rasa lelah akan hilang dan rasa takjub akan datang. Air terjun ini begitu cantik, indah, dan unik.



Air terjunnya tinggi, berwarna kebiruan, dingin dan segar, seolah mengucapkan selamat datang, serta menjadi obat penghilang lelah. Dijamin Anda akan berlama-lama untuk bermain air di air terjun dua warna ini.


2. Air Terjun Madakaripura, Jawa Timur

Air Terjun Madakaripura
Berkunjung ke Jawa Timur kurang lengkap rasanya jika tidak melihat air terjun Madakaripura. Air terjun ini terletak di Desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Tidak hanya keindahannya saja, tetapi air terjun ini menyimpan legenda Mahapatih Gajah Mada.

Air Terjun Madakaripura
Air terjun Madakipura menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini tersembunyi di tebing-tebing yang eksotis. Pemandangan air terjun ini begitu indah dan menakjubkan. Air terjun Madakipura memiliki ketinggian 200 meter dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Airnya dingin, jernih, dan akan menyegarkan kembali pikiran Anda.

Air Terjun Madakaripura
Mahapatih Gajah Mada menjadikan air terjun ini sebagai tempat untuk bersemedi. Di balik air terjunnya yang deras, terdapat sebuah gua. Anda bisa mencapainya jika menyelam dari dasar kolam yang cukup dalam. Di sanalah Gajah Mada bersemedi dan menambah ilmunya. Jangan heran, ada patung Gajah Mada yang akan menyambut Anda saat berkunjung ke tempat ini.


3. Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk
Yogyakarta memang pantas menyandang nama ‘Never Ending Asia’, karena keindahan alamnya yang tidak pernah habis. Air terjun Sri Gethuk di wilayah Gunungkidul akan membuat Anda bertekuk lutut karena pesonanya.

Air terjun Sri Gethuk terletak di Padukuhan Menggoran yang berdekatan dengan lokasi wisata Gua Rancang Kencono. Uniknya, air terjun ini bercabang pada dua celah tebing dan muncul dari sela-sela tebing karst yang gersang. Air tejun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan berada tepat di tepi Sungai Oyo. Air terjun ini tidak pernah kering walaupun daerah sekitarnya gersang. Gemercik air dan hiasan daun nyiur yang melambai, akan menggoda Anda.

Air Terjun Sri Gethuk
Konon, dinamai air terjun Sri Getuk atau Sri Ketuk karena menurut kepercayaan masyarakat setempat pada masa lalu, sering terdengar suara gamelan, yang diyakini milik raja jin Slempret yang bernama Angga Mendura. Keberadaan air terjun ini, dipercaya merupakan lokasi pasar jin. Akan tetapi, keindahan air terjun ini sangat cantik.


4. Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara

Air terjun Moramo
Air terjun Moramo berada di Kawasan Suaka Alam Suaka Margasatwa Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara. Air terjun Moramo sangat unik dan memiliki nuansa alam indah. Konon, tempat ini pun dipercaya sebagai pemandian bidadari.

Air terjun ini berjarak sekitar 60 km dari Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Air terjun Moramo berbeda dengan air terjun pada umumnya. Air terjun Moramo merupakan air terjun bertingkat dengan ketinggian 100 meter. Air terjun ini memiliki 7 undakan yang besar, serta puluhan undakan yang kecil. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat banyak batu marmer besar dan menambah keelokan pemandangan.

Air terjun Moramo
Di sekitar air terjun ada banyak kupu-kupu yang akan menemani Anda. Jika beruntung, Anda dapat melihat pelangi sebagai biasan cahaya di sekitar air terjun. Tak heran, masyarakat setempat memercayai tempat ini sebagai pemandian para bidadari karena keindahannya.
keelokan pemandangan.


5. Air Terjun Sendang Gile, Lombok

Air Terjun Sendang Gile
Lombok terkenal dengan Gunung Rinjani yang gagah dan menawan. Tidak hanya itu, air terjun Sendang Gile juga menjadi tempat pelepas kepenatan di Lombok. Air terjun ini pun sangat dingin dan sejuk, karena berasal dari Gunung Rinjani.

Air terjun yang indah ini terletak di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Dengan melewati 500 anak tangga, air terjun yang cantik dan indah ini siap menyambut Anda. Airnya begitu bersih dan segar, maklum karena berasal langsung dari Gunung rinjani. Alam di sekitarnya juga begitu tenang dan alami.

Air Terjun Sendang Gile
Ada sensasi unik di air terjun Sendang Gile ini, cobalah merasakan langsung titik jatuhnya air dari ketinggian kurang lebih 40 meter. Memang sakit, tapi kapan lagi Anda mencobanya.



6. Air terjun Grojogan Sewu, Karang anyar, Jawa Tengah.

Air terjun Grojogan Sewu
Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun yang berada di Jawa Tengah. Terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Air terjun Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu, tetapi ada beberapa titik air terjun yang dapat dinikmati di sini. Air terjun tertinggi yang ada tingginya sekitar 80 meter. Ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi tetapi pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang. Bila sedang musim hujan, sekeliling tebing akan dihujani air terjun, tetapi saat musim panas, banyak air terjun yang kering.

Air terjun Grojogan Sewu
Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, mushola dan MCK.


7. Air terjun Curug Cimahi, Jawa Barat

Air terjun Curug Cimahi
Curug Cimahi berasal dari kata curug dan Cimahi. Curug merupakan bahasa Sunda yang memiliki arti air terjun sedangkan Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya, yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ Lembang. Curug Cimahi terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Air terjun Curug Cimahi
Objek wisata alam yang menempati area seluas 2 hektar dan tinggi sekitar 85 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Bandung. Buktinya dari jarak belasan meter, wisatawan sudah bisa melihat penampakan air terjun ini. Jika beruntung, wisatawan dapat melihat pelangi yang tampak indah di sini.


8. Air Terjun Lawean, Tulung Agung - Jawa Timur

Air Terjun Lawean
Air terjun Lawean, terletak di dusun Turi, desa Geger, kecamatan Sendang, 25Km arah barat daya kota Tulungagung. Dengan ketinggian 1200 M dari permukaan laut, air terjun ini merupakan bagian dari lereng gunung Wilis.

Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung harus menempuhnya dengan berjalan kaki sekitar 3 Km. Dengan 9 kali menyeberangi sungai, dan melewati hijaunya perbukitan di sela-sela perjalanan, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini.

Air Terjun Lawean
Tidak jauh dari air terjun Lawean, terdapat juga air terjun lain yang tidak begitu tinggi tapi juga tak kalah mempesona untuk dikunjungi, yaitu air terjun Panda Wangi. Di lokasi yang lain lagi, yang juga tidak jauh, terdapat Candi Penampehan. Semua lokasi di sekitar air terjun sangat layak untuk dikunjungi.


9. Air terjun Sigura gura, Medan

Air Terjun Sigura-gura
Air Terjun Sigura-gura merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian 250 meter, air terjun ini mengalahkan air terjun lainnya seperti air terjun Madakaripura yang memiliki tinggi 200 meter atau air terjun Payakumbuh di Sumatera Barat yan memiliki tinggi "hanya" 150 meter.

Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, sekitar 250 kilometer dari Kota Medan. Karena letaknya yang dekat dengan Danau Toba, maka tak heran jika air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong.
Air Terjun Sigura-gura
Dari kejauhan terlihat, air terjun Sigura-gura seperti air terjun raksasa. Air terjun ini berasal dari Sungai Asahan yang airnya dari Danau Toba. Suara dentuman air yang turun kebawah, masih bisa terdengar dari kejauhan karena ketinggiannya.

Air terjun ini dikelilingi tebing-tebing bebatuan yang sangat terjal dan licin. Nuansa hutan rimba yang alami pun akan menyambut sobat ketika memasuki kawasan ini, beberapa pepohonan khas dataran tinggi tampak tumbuh dan menghiasi panorama di sekitar objek wisata air terjun ini.


10. Air Terjun Sipiso Piso - Sumatera Utara

Menikmati keindahan air terjun adalah pengalaman yang luar biasa menyenangkan. Anda tidak harus ke Amerika untuk melihat air terjun Niagara yang Agung atau ke Brazil untuk melihat indahnya air terjun Iguazu. Di tanah air juga banyak terdapat air terjun yang indah, salah satunya adalah Air Terjun Sipiso Piso. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Danau Toba. Jadi jika anda kebetulan sedang liburan ke Danau Toba, mengapa tidak menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat yang eksotis ini.

Air Terjun Sipiso Piso
Air Terjun Sipiso Piso adalah sebuah air terjun yang berada pada ketinggian 800 m di atas permukaan laut dan memiliki vegetasi yang didominasi oleh hutan pinus. Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa Sipiso Piso adalah air terjun tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian sekitar 120 meter.



Air Terjun Sipiso Piso
Nama Air Terjun Sipiso Piso memang unik, memiliki arti pisau. Penduduk memberikan nama ini karena air yang jatuh dari puncak Air terjun sangat deras sehingga diumpamakan seperti bilah pisau yang tajam. Selain itu lingkungan di sekitar air air terjun ini juga sangat curam.


11. Air Terjun Curug Citambur

Air Terjun Curug Citambur
Curug Citambur merupakan salah satu curug atau air terjun yang memiliki pontensi wisata yang cukup bagus. Terletak di desa Karang Jaya kecamatan Pagelaran kabupaten Cianjur. Curug ini sangat indah karena merupakan air terjun +/- 40 meter, air yang turun sebagian menjadi uap dan embun sehingga lokasi sekitar curug menjadi sejuk. Terletak di Kecamatan Pasirkuda. Jarak dari kota Cianjur 65 Km

Saking derasnya wisatawan tidak bisa terlalu mendekati Curug Citambur. Coba saja berdiri sekitar 50 meter dari curug ini, pasti Anda tidak akan kuat lama. Tentu saja, karena hempasan airnya seperti hujan baru beberapa menit berdiri, pasti Anda langsung basah kuyup.

Meskipun, air yang mengalir sangat dingin dan deras, wisatawan tetap bisa mandi atau sekadar bermain air di curug ini. Tapi, kalau tidak mau basah wisatawan bisa sekadar duduk sambil bersantai di tepi air terjun.


Air Terjun Curug Citambur
Panorama indah tidak hanya saat Anda berada di lokasi ini. Akan tetapi, pemandangan selama perjalanan juga menjadi bahan cuci mata saat menuju Curug Citambur.

Perjalanan akhir pekan Anda dijamin tidak akan membosankan karena pemandangannya sangat berbeda. Diawali dari perkebunan Rancabali hingga desa Cipelah, kiri dan kanan jalan dikelilingi oleh perkebunan teh. Setelah melewati Desa Cipelah, pemandangan pedesaan mulai berubah menjadi suasana desa pedalaman.


12. Air Terjun Payakumbuh, Ngarai Harau

Air Terjun Payakumbuh
Air terjun ini terletak di Ngarai Harau, 35 km dari Bukittinggi. Berada di sela-sela perbukitan dan lembah harau terdapat sebuah jurang yang dalam dan sebuah air terjun yang sangat indah, bahkan kadang dipenuhi oleh sekumpulan kupu-kupu beterbangan, sehingga membuat air terjun ini merupakan kombinasi alam dengan pemandangan yang sangat indah.

Air Terjun Payakumbuh
Air Terjun Payakumbuh
Keindahan kawasan wisata Lembah Harau sangat lengkap, sejak awal memasuki kawasan wisata Harau kita akan disuguhi pesona dari jurang/celah alam, air terjun, tebing dan beberapa gua. Selain Air Terjun Lembah Harau, ada juga cagar alam dan suaka margasatwa yang juga merupakan tempat konsevasi bagi beberapa hewan yang dilindungi seperti Monyet Ekor Panjang, Siamang, Harimau Sumatera, Beruang, Tapir, Landak, Burung Kuau, dll. Lokasi wisata Harau ini terbagi menjadi 2, yaitu Sarasah Bunta, merupakan kawasan bagi yang ingin menikmati suasana lebih alami karena disini terdapat 5 buah air terjun dengan kolam penampungan air terjun yang masih alami dengan pemandangan asrinya. Lokasi lain yaitu Akar Berayun, disini telah terdapat kolam renang sehingga lebih enak untuk yang ingin berenang, di kawasan ini juga terdapat fasilitas lengkap seperti perkemahan, kolam renang dan jalan setapak yang dapat digunakan untuk hiking, serta dilengkapi dengan cottage dan resort.


13. Air terjun Curug Cipendok, Purwokerto - Jawa Tengah

Air Terjun Curug Cipendok
Curug Cipendok adalah air terjun dengan ketinggian 92 meter yang terletak di lereng Gunung Slamet. Curug Cipendok mempunyai daya tarik tersendiri, karena lingkungan masih betul-betul alami. Kesunyian juga masih sangat terasa, sebab belum banyak pelancong yang datang menikmati keindahan alamnya. Hawa di sekitarnya sejuk dan sepanjang jalan menuju ke sana terdapat area perkebunan. Di sekitar wilayahnya terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung.

Keindahan alam Curug Cipendok baru dilirik pemerintah kabupaten Banyumas pada tahun 1984 dan pembukaannya secara resmi sebagai obyek wisata baru dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 1987 setelah membangun sarana ala kadarnya, seperti tempat peristirahan dan mushola. Usaha-usaha peningkatan pelayanan juga masih terus dilakukan. Hal ini terbukti dengan berbagai langkah yang diambil pemerintah dalam usaha mempromosikan lewat peta pariwisata Banyumas dan pengadaan sarana demi saran untuk dapat menunjang kenyamanan pengunjung. Seperti terlihat dari pembangunan tempat bermain anak, pementasan hiburan, perbaikan jalan, penambahan obyek wisata yaitu Telaga Pucung yang berada sekitar 500 meter arah barat dari lokasi Curug, dll.

Air Terjun Curug Cipendok
Daya tarik objek wisata ini adalah telaga dengan air yang cukup jernih dan di sekitarnya dikelilingi hutan yang masih alami. Selain itu, wisatawan juga dapat mendengar suara-suara burung langka seperti elang Jawa yang terbang berputar-putar di atas telaga. Apalagi, bagi pengunjung yang beruntung dapat melihat spesies endemik sejenis monyet berwarna abu-abu yakni rek-rek.

dikutip darikas kus

7 komentar:

  1. info yang bagus ...
    Air terjun di atas indah2 jadi pengen kesitu...karena aq juga pecinta air terjun...
    :baca:

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungan anda, mari kita sama-sama lestarikan alam.

      Hapus
  2. merinding liat nya ......
    nice info

    BalasHapus
  3. subhanallah , indah bgt, pgn kesana ,.. :D

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  5. gan coba browsing air terjun di garut sanghyang taraje tingginya 95 M

    BalasHapus
  6. wowwww luar biasa,,,alam ciptaan Tuhan ,,,,yang harus kita jaga ke lestariaan nya ,,,,

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...