Kategori

Rabu

Fakta Tentang Air Sumur


Bagi kalian yang memiliki sumur dirumah, wajib masuk ke artikel ini. 
  1. Pernah mandi di malam hari atau pagi hari menggunakan air sumur?
  2. Pernah mandi pakai air sumur saat hujan lebat dan saat hawa dingin? Bagaimana rasanya, terasa hangat bukan airnya!
  3. Pernah mandi siang hari saat cuaca terik dengan air sumur? Bagaimana rasanya, segar bukan!?

Tapi, pernah gak sih bertanya-tanya kenapa air sumur bisa hangat saat malam hari atau saat hujan dan terasa dingin saat udara panas? Kalau belum, mari kita beberkan fakta tentang air sumur dan memikirkan beberapa pertanyaan diatas. Mari kita melihat fakta dan penjelasannya.

Penjelasan adalah :
Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen Sebelum menjawab pertanyaan diatas, coba cermati sifat fisik air berikut ini :
  1. Air memiliki panas spesifik tinggi.Panas spesifik, adalah jumlah energi yang diperlukan untuk mengubah suhu suatu zat. Hal ini menyebabkan air menyerap energi panas yang besar sebelum mengubah suhu air berubah menjadi panas. Dengan kata lain, air Juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk melepaskan energi saat ingin mengubah suhu air menjadi dingin. Karakteristik ini membuat iklim bumi menjadi nyaman karena suhunya sedang dan membantu organisme untuk menyesuaikan suhu tubuh mereka dengan lebih baik.
  2. Air memiliki ph netral (7) bukan asam maupun basa.
  3. Molekul air dalam bentuk cair berada dalam rentang suhu 0° – 100°c. Rentang ini menjadikan air tersedia di hampir semua bagian dari bumi kita.
  4. Air lebih mudah menyerap panas dibanding cairan lain, selain mercury (air raksa). Fakta ini menyebabkan tubuh air yang luas seperti danau dan lautan memiliki profil suhu vertikal yang hampir seragam.
  5. Molekul air di bumi memiliki 3 bentuk fisik, yaitu padat, cair, dan gas. Perubahan bentuk yang terjadi pada air memerlukan pertukaran energi yang tinggi ,baik untuk memanaskan maupun mendinginkan. Mekanisme ini memainkan peranan yang penting dalam penyebaran energi panas di atmosfer bumi. Jumlah panas yang dipindahkan ke atmosfer, ± ¾ nya terjadi melalui proses penguapan (evaporasi) dan proses pengembunan (kondensasi) air.
Jawaban & Keterangan :
Sudah menemukan jawaban pertanyaannya?...........
Kalau belum coba cermati lagi. Jadi kenapa air sumur terasa hangat saat malam hari maupun saat udara dingin dikarenakan air memiliki panas spesifik yang tinggi seperti di jelaskan dalam poin 1 diatas, dimana panas spesifik, adalah jumlah energi yang diperlukan untuk mengubah suhu suatu zat. Hal ini menyebabkan air menyerap energi panas yang besar sebelum mengubah suhu air berubah menjadi panas. Dengan kata lain, air Juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk melepaskan energi saat ingin mengubah suhu air menjadi dingin. Karakteristik ini membuat iklim bumi menjadi nyaman karena suhunya sedang dan membantu organisme untuk menyesuaikan suhu tubuh mereka dengan lebih baik.

Kesimpulan :
Itu dia jawabannya, jadi air memerlukan waktu yang lebih lama untuk menyerap panas, namun juga lebih lama dalam melepaskan panas. Kok dibilang lebih lama? Lebih lama dari pada apa? Jawabannya yaitu lebih lama daripada tanah. Tanah mempunyai sifat yang cepat menyerap dan melepaskan panas.


Maka hal tersebut menyebabkan saat siang hari yang panas dan terik, tanah akan menyerap panas lebih cepat, namun air di dalam sumur akan menyerap panas lebih lambat, selain dikarenakan oleh sifat fisik air pada penjelasan diatas, air di dalam sumur tidak menerima panas langsung dari matahari, melainkan menyerappanas dari tanah. meskipun lebih cepat panas, namun tanah juga membbutuhkan waktu untuk menyerappanas, hal ini akan menunda penyerapan panas oleh air. air di sumur menyerap panas dari tanah yang tak sepanas jika terkena matahari langsung. jadi meski siang terik, air sumur akan terasa dingin dan segar karena sebab-sebab diatas. Jadi, kita akan merasa segar saat mandi air sumur di terik siang. Tapi, mandi air sungai juga seger kok! apalagi kalau ditemenenin kayak gini ama sang kekasih.


Pada saat malam hari, tanah akan lebih cepat dingin, namun tidak dengan air, air akan lebih lama dalam melepaskan panas. sehingga pada saat malam haripun air sumur akan terasa hangat.

Angin darat & angin laut.
Sifat fisik air pada poin pertama diatas juga mempunyai kontribusi yang besar lho dalam kehidupan. Sifat air yang lambat menyerap dan melepaskan panas ketimbang tanah menyebabkan adanya angin laut dan angin darat. Saat malam hari, lautan lebih hangat ketimbang daratan, sehingga udara bergerak dari darat ke laut (angin darat). sedangkan siang hari laut lebih dingin ketimbang daratan, sehingga angin bertiup ke darat (angin laut). source

Sudah mengertikan sekarang, jika kalian memiliki sumur dirumah, maka rawatlah sumur tersebut. Jagalah sumur agar tetap bersih dan tidak tercemar.

5 komentar:

  1. benar banget kak, kalau lagi ujan terusmandi pakai air sumur rasanya hangat banget.. saya dirumah masih suka mandi pakai air sumur

    BalasHapus
  2. Selamat malam bossku semua...
    Kamu Sering Kalah Main Judi?
    Sudah Tidak Jaman Lagi Kalah Main Judi
    Kami Hadir Dengan Inovasi Terbaru & Tercangih, Dengan Jackpot Yang Super Pasti & Gampang Untuk Menang Terus Di Setiap Hari .
    Transaksi Cepat, Aman & Terpercaya.
    Tersedia 7 Games Dalam 1 User ID :
    New Game ------>> GAME SAKONG
    Poker, Domino, BandarQ, Capsa, Sakong
    Minimal Deposit Rp.15.000,-
    Minimal Withdraw Rp.15.000,-

    BalasHapus
  3. Lagi cari referensi dan belajar seputar sumur dan jenis air untuk usaha Cuci Toren Air di Solo. Terimakasih, sangat bermanfaat sekali tulisannya.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...