Kategori

Rabu

Fakta Tentang Begitu Luasnya Jagat Raya


Anda manusia pasti berfikir seperti apa yang Monster Bego fikirkan tentang berapa ukuran, berapa luas & berapa batas maksimum jagad raya ini ?, namun untuk mengetahui secara nominal ukuran jagad raya akan sangat-sangat sia-sia karena itu diluar batas kemampuan manusia karena semua itu adalah rahasia Tuhan dan mustahil diketahui seutuhnya oleh manusia. Namun disini kita hanya menganalisa dan mereka-reka fakta begitu luasnya jagad raya, sebagai berikut :

1. Bintang Matahari & Planet - Planetnya

Sistem tata surya Matahari
Di jagat raya ini planet-planet tersusun dalam tata suryanya sendiri-sendiri. Di dalam sebuah tata surya terdapat satu atau bisa lebih bintang yang jadi pusatnya, nah bumi bersama planet - planet tetangga kebetulan berada di tata surya dengan bintangnya Matahari, bayangin kalo sistem tata surya pada bintang matahari besarnya seukuran dengan bola tenis, bisa membayangkannya kan berapa kira-kira besarnya planet bumi ini?

2. Galaksi Bima Sakti

Foto : Galaksi Bima Sakti, Titik-titik terang diatas adalah bintang
Jika anda membayangkan sistem tata surya Matahari & planet-planetnya sebesar bola tenis, maka perbandingan besar dengan Galaksi Bima Sakti adalah sebesar benua Australia.

Nah, disini kalau galaksi itu sekumpulan tata surya (berjuta-juta tata surya) yang bergerak mengitari pusat tata surya. Dan galaksi Bima Sakti adalah tempat bernaungnya sistem tatasurya Matahari.  Jika tadi tata surya sebesar bola tenis, maka Galaksi Bima Sakti kita ibaratkan sebesar benua Australia.

3. Cluster

Foto : Cluster adalah berkumpulnya jutaan galaksi menjadi satu  (local group galaxies)
Setiap galaksi yang ada itu memiliki perkumpulan, namanya cluster (local group galaxies), dan jumlah galaksi dalam satu cluster bisa jutaan galaksi. Sedangkan galaksi yang ditempati planet Bumi adalah Galaksi Bima Sakti yang berkedudukan sama dengan Andromeda dan berjuta juta galaksi lainnya berada dalam satu cluster.

Jika tadi tata surya sebesar bola tenis, maka Galaksi Bima Sakti kita ibaratkan sebesar benua Australia. Kalo diibaratkan cluster kita ini sebesar tata surya Matahari yang sebenarnya. Kebayang apa tidak besarnya jagad raya ini!....

4. Supercluster

Foto : Supercluster, Titik - titik terang diatas bukan galaksi, namun itu adalah cluster
Dan cluster pun memiliki perkumpulan lagi yang namanya Supercluster, kita berada di Supercluster Virgo, dalam satu Supercluster bisa memiliki beribu-ribu cluster didalamnya, dan ada ratusan Supercluster di alam ini. Tidak bisa lagi dibayangkan, betapa luasnya jagad raya ini, dan kita manusia adalah makhluk yang kecil bagai debu, Maha Besar Allah yang telah menciptakan semua ini.


Bonus Picture :

Indahnya Cosmos Art


dikutipdarieragon41

1 komentar:

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...