Kategori

Senin

Buanglah Sifat Dengki dari Hatimu

Berdoa agar terhindar dari sifat dengki.
Definisi dari sifat Dengki adalah menaruh perasaan marah (benci, tidak suka) krn iri yang amat sangat kepada keberuntungan orang lain: perkataan itu timbul karena -- saja; mengapa engkau -- tehadap sahabatmu itu;

-- hati merasa dengki;
ber·deng·ki v mendengki;
men·deng·ki ark v berdengki kpd; membenci (krn iri hati): dp ~ teman sekerja, lebih baik berusaha menyamainya;
pen·deng·ki n orang yg (sifatnya) suka mendengki;
ke·deng·ki·an n sifat-sifat dengki
 Bisa anda bayangkan pada diagram dibawah ini :

Dengki
Bisa anda bayangkan sekarang tentang kosa kata dengki ?!?!... Memang satu kata dengan sejuta makna dan ungkapan yang sangat parah menurut Monster Bego. Dengki timbul karena beberapa sifat jahat dari manusia antara lain diawali dengan:

1. Kebencian.
Kebencian timbul karena perasaan tidak senang akan sesuatu terhadap orang lain yang menciptakan kedengkian. Sebab yang ditimbulkan bisa karena cinta, harta, ataupun kekuasaan yang dimiliki seseorang. Dalam sebuah keluarga tidak akan pernah dapat aku jika kebencian ini dipupuk, lambat laun akan menciptakan sebuah bumerang dimana tidak akan ada saling menghormati, bahkan biasanya mereka akan saling menjatuhkan karena suatu ambisi, biasanya dipicu oleh harta gono gini yang sejatinya mereka lupa untuk bersyukur dan lupa kepada Allah. Maka terciptalah sifat benci karena pemikiran mereka yang serakah, dan ini menciptakan kedengkian dalam diri mereka masing-masing. Setelah kedengkian muncul maka akan menciptakan sifat berdengki, iri, cemburu, resah, khianat, & busuk. Biar tidak ada kebencian maka selalu ingatlah kebaikan-kebaikan orang-orang didekat anda, walaupun mereka terkadang jahat kepada anda.

 2. Iri
Sifat iri ini lambat laun akan muncul juga karena adanya sifat kebencian yang menciptakan kedengkian lalu menjadi sifat iri. Menurut kita bahwa iri itu seharusnya tidak akan tercipta jika kita individu mau dan berusaha untuk selalu bersyukur dan ikhlas dengan apa yang telah kita dapatkan, dengan catatan bahwa sesuatu yang kita peroleh adalah HALAL.Jika orang sudah merasa iri, maka sesuatu yang jahat akan muncul dipikiran mereka karena hati mereka diselimuti oleh amarah yang selalu terbakar yang berasal dari kebencian yang mereka pupuk setiap hari, maka orang seperti ini akan sulit untuk menjalani hidup yang menyenangkan. Maka jelas sudah dia kurang bersyukur dengan apa yang sudah dimilikinya.

3. Cemburu
Sifat cemburu memang wajar jika dalam dunia percintaan atau dunia love-love karena cenderung bersifat positif agar dapat selalu membina kasih sayang sebagai pasangan, namun lebih mendasar lagi bahwa sifat cemburu manusia itu bisa menjadi cemburu yang negatif yaitu jika seseorang dalam hatinya dimana orang yang ia iri-kan adalah individu yang paling jelek dan paling dia benci dihadapan seseorang karena sudah tertanam dalam hatinya kebencian yang mendalam tersebut. Biasanya cemburu manusia adalah tentang saling mencari pengaruh dan saling mempengaruhi untuk menunjukkan lawan dan kawan, namun itu sebenarnya salah, yang jelas kalau kita sesama muslim di dunia ini kita harus ingat dan sadar bahwa kita semua adalah SAUDARA, dan itu harga mati. Jika ada cemburu negatif maka tanamkan dalam pikiran anda bahwa kita adalah SAUDARA dan segera hilangkan sifat ini dalam pikiran jahat anda.
Contoh cemburu yang jahat : " Saya punya 2 orang kakak yang semuanya wanita dan saya laki-laki, Si-A dan Si-B lalu saya sendiri adalah Si-X. karena mereka Si-A dan Si-B saling membenci, saya hanya bersikap netral karena saya tidak ada sangkut pautnya, namun keduanya berlomba-lomba untuk saling mempengaruhi saya dan mereka saling membenarkan tindakan mereka, namun saya tetap netral dan berusaha tetap baik kepada mereka berdua, karena saya tidak mampu mendamaikan mereka karena kebencian sudah tertanan dibenak mereka dan lebih parah bahwa kebencian sudah menjadi dengki, jadi saya tetap netral dan netral. Jika dilihat permasalahannya sudah terlalu banyak dan bertumpuk-tumpuk, jika semua saling ikhlas, bersyukur, dan saling memaafkan, niscaya keluarga besar ini akan menjadi keluarga yang sangat-sangat bahagia, namun apa dikata!?!?!?....... Suatu hal seperti ini tidak patut dicontoh karena Si-A dan Si-B saling membenci dan ditanamkan setiap hari, setelah diselidiki ternyata solusinya hanyalah satu, mereka kurang beribadah kepada Allah sehingga dibutakan mata batin mereka, Astagfirullah... Andaikan mereka mau kembali ke jalan Allah maka mereka akan mampu untuk saling mengikhlaskan, bersyukur, dan saling memaafkan, Amin "
4. Resah
Orang yang iri menuju ke dengki maka mereka akan merasa resah dalam hidupnya, mereka berfikir adalah orang yang paling benar dan paling hebat namun pada kenyataannya batin, hati, dan perasaan mereka selalu resah dan tidak pernah nyaman menjalani hidup. Namun semua orang pasti merasakan resah, tetapi dalam ukuran dan taraf yang masih wajar dan normal, kalau resah untuk menjadi dengki, maka itu harus segera di obati karena sangat berbahaya.

5. Khianat
Orang yang resah karena kedengkian, mereka akan manjadi khianat agar tercapai keinginan dan tujuan mereka, sebenarnya dia memperdaya dirinya menuju kehancuran. Jika timbul sifat ini dalam diri anda, maka saya jamin hidup anda tidak akan pernah tenang, selalu resah, dan anda akan menyesal telah melakukan perbuatan keji ini selamanya. Orang yang berkhianat adalah orang yang akan sulit mendapatkan kepercayaan dari orang lain, lebih-lebih orang yang pernah menjadi korbannya.

6. Busuk
Hati orang yang khianat akan menjadi hati dan jiwa yang busuk, dimana hati dan jiwa seseorang ini akan mencitrakan dirinya yang sesungguhnya karena sudah  tertutup hati nuraninya dan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Jika anda menemukan teman seperti ini, maka dia akan memakan anda sampai ke akar-akar anda. Mereka tidak akan pernah bersyukur apalagi untuk ikhlas, sudah tidak ada dalam diri mereka, semua pasti mereka ukur dengan sesuatu seperti materi, harta dll. Semoga tidak terjadi dan selalu kita berlindung kepada Allah SWT agar dijauhkan dari orang-orang seperti ini, Amin.

7. Dengki
Jika, no. 1 s/d 6 sudah bersemayam dihati anda! maka, benar ataupun salah seseorang yang belum jelas (Belum terbukti!) maka andaikan dilihat oleh mata yang dengki dan pikiran orang yang dengki, maka kepada seseorang tersebut jawabannya adalah seseorang tetap SALAH (jika pembuktian tersebut dia itu benar, maka tetap salah dimata orang yang dengki), Astagfirullah...

Kesimpulan :
Bahwa anda, kita, kamu, dia, ataupun semua, kita bisa terhindar dari semua sifat ini jika kita mau belajar untuk bersyukur & ikhlas, namun hal itu akan tercipta jika kita sudah Sholat dan beribadah kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh. Mari kita berlindung kepada Allah SWT agar kita dijauhkan dari sifat-sifat jahat ini, Amin.
Penulis : TuanHantu Al-Jeanskins



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...