Kategori

Minggu

6 Bahan Makanan yang Sering Dibuang, Padahal Bermanfaat Bagi Kesehatan


Saat mengolah bahan makanan , pastinya ada beberapa bagian dari bahan tersebut yang dibuang . Padahal, ada beberapa bagian bahan makanan yang dianggap tak berguna, tapi nyatanya bisa memberikan manfaat sehat bagi tubuh .


Apa saja sisa bahan makanan yang ternyata bisa membuat tubuh lebih sehat? berikut rangkuman berikut ini:


1. Kulit Bawang Merah

Bawang merah memiliki antihistamin karena adanya quercetin. Nah, dikatakan dr Jonathan Stegall, seorang ahli obat-obatan dari Johns Creek GA, Amerika, quercetin salah satunya banyak terdapat di kulit bawang merah. Quercetin merupakan antioksidan yang dapat melepaskan histamin, zat kimia yang dapat menyebabkan alergi.

"Studi menunjukan, quercetin dapat memperlebar pernapasan sehingga ampuh membantu meredakan asma. Selain itu, quercetin juga bisa membantu menurunkan tensi dan meningkatkan sistem imun," kata Stegall.

Untuk mendapatkan manfaat quecetin, campurkan kulit bawang merah yang sudah dicuci bersih ke dalam rebusan atau kaldu masakan dan sisihkan kulit bawang sebelum hidangan disajikan.


2. Biji Melon 

Leslie Bonci, MPH, RD, director of sports nutrition di University of Pittsburgh Medical Center mengatakan biji melon jingga mengandung protein, serat, vitamin E, dan magnesium yang tinggi.

Untuk itu, jika Anda tak keberatan, Bonci menyarankan untuk memanfaatkan biji melon jingga dengan memanggangnya dalam oven kemudian campur dengan sedikit minyak zaitun sebagai camilan.


3. Daun Brokoli

Daun brokoli yang sering dibuang ternyata mengandung vitamin A, vitamin C, dan kalsium yang tinggi, demikian diungkapkan Elizabeth Somer, RD, penulis buku 'Eat Your Way to Happiness'. Untuk itu, tak ada salahnya jika turut memasukkan daun pada brokoli dalam masakan Anda bukan.


4. Kulit Semangka

"Umumnya orang akan mengonsumsi semangka hanya di bagian yang berwarna merah saja. Padahal, daging berwarna putih yang juga ada di kulit semangka mengandung asam amino citrulline yang membantu meningkatkan aliran darah," kata Bonci.

Untuk mengonsumsi daging pada kulit semangka, Bonci menyarankan blenderlah dengan daging semangka (yang berwarna merah), stroberi, dan sedikit jus jeruk untuk membuatnya menjadi smootihe yang menyegarkan.


5. Kulit Jeruk

Dr Jaishree Bhattacharjee, seorang konsultan dari Ayurvedic, mengatakan kulit jeruk mampu meningkatkan kerja sistem pencernaan, menghilangkan gas, mulas, muntah dan mengontrol kadar asam, serta meningkatkan nafsu makan dan menghilangkan mual.

Selain manfaat bagi sistem pencernaan, kulit jeruk yang dijadikan bubuk juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki sistem pernapasan, meringankan batuk, serta asma. Semua manfaat ini berasal dari kandungan minyak esensial di dalamnya, yang memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi. Minyak esensial d-limonene yang dikandung jeruk memiliki kemampuan untuk meredakan asam lambung dan menjaga gerakan usus tetap normal, serta meningkatkan fungsi hati.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa kulit jeruk dapat melarutkan kolesterol dan trigliserida," kata Dr Bhattacharjee.


6. Pucuk Daun Seledri

"Pucuk daun seledri mengandung aroma yang lezat dan kaya akan magnesium untuk pembentukan otot, kalsium untuk memperkuat tulang, dan vitamin C. Maka dari itu, gunakan pucuk daun seledri sebagai taburan pada sayur misalnya sup ayam," kata Bonci.


12 komentar:

  1. wahh ternyata benar gan makanan2 itu sangat bagus untuk kesehatan kita , terimakasih informasinya ..

    BalasHapus
  2. wah,,saya mah suka di buang tuh kalau di rumah..sekrang saya sudah tau dan saya gak bakaln buang lagi buat ke depan nya,,terimakasih..

    BalasHapus
  3. artikelnya bagus gan , terimakasih sudah berbagi
    kami menjual berbagai macam obat herbal produk denature

    BalasHapus
  4. terimaksih infonya gan , artikelnya sangat bagus

    BalasHapus
  5. kami dari produk denature menjual obat perawatan daerah kewanitaan, dan juga berbagai macam obat herbal lainya segala penyakit Terbuat dari bahan herbal sehingga aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek Samping diformulasikan khusus berdasarkan hasil penelitian ilmiah oleh Herbalis yang expert di bidang herbal. Kualitas bagus, cepat dan AMAN, hasil terapinya sangat optimal.

    BalasHapus
  6. terimakasih infonya sangat bagus gan semoga bermanfaat,
    kami dari produk denature menjual obat herbal,mengatasi segala macam penyakit Terbuat dari bahan herbal sehingga aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek Samping,

    BalasHapus
  7. artikel yang sangat bagus terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus
  8. kami menjual berbagai macam obat herbal produk denature
    terimakasih

    BalasHapus
  9. ternyata kulit-kulit buah yang kira kira tidak ada menfaatnya sebenarnya ada ya.

    BalasHapus
  10. saya baru tau nih, sekarang kalau makan semangka harus sama yang putihnya jangan yang merahnya aja, karna lebih banyak manfaat di yang putihnya..

    Artikel yang bermanfaat sekalih, terimakasih

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...