Senin

Fakta, Pentingnya Menjaga Ekosistem Sungai


Ada beragam jenis ekosistem yang terkait dan membentuk sebuah kesatuan utuh dan saling mempengaruhi satu sama lainnya. Salah satu yang dimaksud adalah ekosistem sungai. Ia dikelompokkan ke dalam ekosistem air tawar dengan air yang mengalir atau Ekosistem Lotik.

Sungai sendiri merupakan habitat air tawar yang bermuara atau berakhir di laut. Ekosistem sungai ini megandung nutrient yang kadarnya bergantung pada wilayah vegetasi yang dilewati sungai tersebut. Apabila titik yang dilewatinya kaya akan tumbuhan maka bisa dipastikan kadar nutriennya tinggi khususnya nutrient an-organik. Selain tumbuhan, jumlah pelapukan bebatuan di aliran sungai juga turut berperan dalam hal memperkaya air sungai.

Mengapa Ekosistem Sungai Sangat Penting?

Habitat air tawar, termasuk ekosistem sungai di dalamnya, sangat penting bagi manusia dan lingkungan. Meskipun luas area ekosistem air tawar sangat terbatas jika dibandingkan dengan ekosistem laut, namun kehadirannya tetap penting sebab:
  1. Ekosistem air tawar termasuk sungai di dalamnya adalah sumber yang bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga juga industri. Selain itu, ia juga mudah dan murah untuk didapatkan. 
  2. Komponen air tawar adalah bottle neck atau leher botol di dalam siklus hidrologi. 
  3. Ekosistem air tawar termasuk sungai bersama dengan ekosistem estuary adalah tempat atau medium paling mudah dan murah untuk membuang limbah yang bersifat tertier.
Lebih detail pada ekosistem sungai, mengapa penting? Sebab, berikut ini: 
  1. Sungai mempunyai sifat unik yakni sifat termal dimana ia bisa mereduksi perubahan suhu, sehingga perubahan suhu di dalam air akan terjadi dengan lambat ketimbang di udara. 
  2. Sungai memiliki sifat oada kontunum sungai, dimana terjadi perubahan yang bersifat longitudinal di dalam sistem metabolisme komunitas dalam ekosistem. 
  3. Manfaat lain sungai adalah sebagai tempat ikan berkembang-biak, sebagai sarana rekreasi, sebagai sarana pengairan dan masih banyak lagi lainnya. 
Tapi apa kabar dengan keadaan sungai di daerah ibukota tercinta kita ini, berikut ini adalah contoh sungai ibukota Jakarta....


Di atas adalah contoh pencemaran sungai yang ada di Ibukota Jakarta, bisa anda lihat bahwa keadaan tersebut sangat mengerikan, bagaimana jika anda berada pada lokasi tersebut? Pasti anda akan menjerit ketakutan.

Mampukah kita sebagai manusia untuk menjaga dan melestarikan semua yang telah ada? Mungkin solusi yang bisa kita ambil yaitu ada dalam diri kita, maka sudah seharusnya masyarakat bersama-sama dan orang-orang yang hidup di bumi ikut melestarikannya, maka kita mulai dengan sebagai berikut :
  • Buanglah sampah pada tempatnya
  • Budayakan membangun bangunan menghadap ke arah sungai, bukan membelakangi sungai.
  • Rawatlah air sungai tanpa mencemari ekosistemnya (Misalkan : bahan kimia & limbah rumah tangga)
Juka sungai yang ada bisa seperti di bawah ini, maka akan banyak manfaat yang akan kita ambil, bayangkan jika ini ada di depan rumah anda!...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan coment bermanfaat dari artikel diatas, budayakan membaca sebelum bertanya. Terima kasih!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...